Halo, Saya Mochamad Arry Akbar Ripa'i, S.M.

Saya seorang blogger dari Garut, Salam Kenal..!!!

Blog ini berisi pengalaman pribadi, rekomendasi produk dan segala opini pribadi yang mungkin dapat enak atau tidak enak untuk dibaca. Semoga bisa bersedia meluangkan waktu membaca blog ini. ENJOY ! Mari berkenalan lewat Instagram @akbar.arifai


Home OpiniSaya

Tawakal atau Pasrah ? Sudah betulkah kita memahami maknanya ?



Tawakal dan Pasrah adalah dua konsep penting dalam islam yang sering disalahpahami. Karena memang sekilas sama, tapi makna dan aplikasinya berbeda. Tawakal itu adalah konsep ketika kita udah usaha maksimal banget, lalu kita menyerahkan hasilnya kepada pemegang kendali tertinggi, yaitu Allah. Bukan berarti nyerah gitu aja tanpa usaha.

Sedangkan pasrah mengacu pada sikap menerima dan mengikuti kehendak Allah setulus hati. Pasrah itu sikap hati yang tenang dan menerima segala ujian, bentuk ketaatan kita sama yang diatas. letak perbedaan utamanya adalah pada melepaskan hasil usaha kepada Tuhan setelah kita berusaha sebaik mungkin.

Kita harus bisa menggabungkan ke-duanya, Kalau sudah tawakal terserah Allah tetapkan apasaja, mau dapat sekarang, dapat besok, dapat nanti. Puncak yang paling tinggi :

"Tugas-mu hanya berikhtiar semampu yang bisa dilakukan selanjutnya biar Allah menetapkan apa yang menjadi maslahat untuk kehidupan kita.!".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

to Top