Friday, February 9, 2018

Benarkah Bhineka Tunggal Ika mulai luntur..???


Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. "Kutipan Wikipedia"
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara majemuk dengan artian masyarakatnya terdiri dari 5 agama yang diakui, beragam suku, bahasa, dan kebudayaan yang disatukan dengan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.

Tapi benarkah bhineka tunggal ika mulai runtuh..?? Jawabannya... Tidak.. Kenapa tidak..?? Saya di Kantor dengan orang yang beragam ada orang bali, batak, jawa, sunda dan kita semua akur-akur aja tuh..

Terus fenomena yang saling hujat sana sini di media sosial, apa bukan karena lunturnya bhineka tunggal ika...??

Karena Saya beragama Islam maka saya akan bahas dari sudut pandang saya sebagai muslim. 

Menurut hemat saya, itu bukan karena lunturnya Bhineka Tunggal Ika, tapi lebih dikarenakan oleh orang-orang yang so tahu. Maksudnya adalah orang yang bukan muslim tapi obrolannya ngebahas kitab orang muslim, atau orang muslim yang gak pernah ibadah ( gak pernah ngaji, gak pernah sholat atau sholatnya bolong-bolong sok tau dengan ngomongin agamanya sendiri akhirnya menyinggung orang muslim yang baik agamanya, yang paham akan agamanya (Siapa coba yang gak akan tersinggung..?? ).

Adapun kalo misal orang muslim diharuskan memilih pemimpin yang seiman, itu bukan berarti mereka tidak bhineka tapi karena memang ada aturan dari kitab suci Al-Qur'an kalo meraka harus memilih pemimpin dari golongan mereka sendiri. Tapi ketika ada orang yang ngatain mereka gak Bhineka gara-gara cuma harus memilih pemimpin sesama muslim, maka cek lagi deh mungkin orang itu yang gak Bhineka karena sudah melarang orang muslim untuk mengikuti perintah Tuhannya..Tuh contohnya di Papua sana pemimpinnya non muslim gak masalah kok karena memang mayoritas non muslim.

Adalagi yang ngomong pemimpin muslim di Indonesia banyak yang korupsi, ya liat dong di Amerika atau dinegara manasaja yang bukan mayoritas muslim yang korupsi bukan orang muslim karena muslim disana minoritas..Dimana saja selalu ada yang namanya oknum....!!!

Intinya, Tugas kita sebagai umat yang beragama adalah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Bukan mencampuri urusan agama orang lain. Bhineka Tunggal Ika bukan bararti kita ikut-ikutan merayakan umat agama lain tapi lebih ke menghormati keberadaannya tanpa perlu kita ikut-ikutan..