Wednesday, November 14, 2018

Aplikasi Kasir Sederhana AstriOkta Gratis


Aplikasi kasir ini dibuat sangat sederhana untuk mempermudah pekerjaan jual beli anda, bisa untuk data stok barang, membuat kwitansi penjualan dll..

Untuk versi gratisnya hanya menyediakan fitur :
1. Data Stok barang
2. Data Pelanggan
3. Data Penjualan sekaligus membuat kwitansi penjualan.
Data Supplier masukkan sembarang.

Untuk Full Versionnya menyediakan keseluruhan fitur :
1. Data Stok barang
2. Data Pelanggan
3. Data Penjualan sekaligus membuat kwitansi penjualan.
4. Bisa mengulangi mencetak kwitanis
5. Laporan penjualan harian maupun bulanan.
6. Membuat Surat Jalan
7. Data Supplier atau distributor
8. Pembelian Stok Barang
9. Stasus Pelunasan jika barang dari pihak supplier belum anda lunasi
minusnya tanpa barcode..

Berminat yang FULL VERSION Harga Rp 300.000 Email saya di : arar2lip@gmail.com

Tested di OS Windows 7 dan 10.
Sudah dicoba di Retail Elektronik...

Video diatas versi yang belum diperbaharui tapi cara penggunaan tidak berbeda jauh.

Untuk download silahkan klik link DOWNLOAD

Wednesday, November 7, 2018

Mindset Bisnis


*MINDSET #1. Bisnis itu Bicara Proses, Bukan Hasil*
Saya pengen membahas 1 mindset yaitu PROSES.
Banyak sekali pebisnis yang mati dijalan karena mereka tak tau esensi dr sebuah bisnis.
Mereka mengira bahwa tujuan utama dari bisnis adalah hasil.
Apa itu salah?
Tidak. Hasil dalam sebuah bisnis itu tidak salah, malah kalau punya bisnis tapi tak menghasilkan itu yg salah 😂
Tapi jangan sampai hasil itu anda jadikan sebagai bagian dari mindset.
Kenapa?
Karena kalau mindset anda hanya mengarah ke hasil, maka anda akan cepat mati.
Maksudnya, anda akan cepat bosan, males kerja, males berinovasi, dll. Sehingga bisnis anda akan cepat mati.
Ini semua karena hasil merupakan dampak dari proses.
Nah, dampak itu sendiri bisa dirasakan hanya dalam waktu lama.
Yes, kalau anda menunggu sesuatu yg lama maka anda akan cepat jenuh. Gak semangat.
Lalu gimana mindset yg tepat?
PROSES. Tanamkan mindset bahwa bisnis itu bicara tentang proses.
Kalau mindset anda sudah mengatakan bahwa bisnis itu bicara proses, maka anda akan tekun dalam berproses
CATAT!
Berproses itu membuat orang lain jenuh, boring, males. Makanya, orang yang berani berproses itu dikit.
Pertanyaannya, maukan anda menjadi bagian dari sedikit orang ini?
Nikmati proses itu, maka hasil akan cepat anda raih.
Contoh, sekarang anda ingin menjadi juragan krim kecantikan.
Maka anda harus menikmati proses pembuatan krim, mencari reseller, mencari suplier, dll.
Nikmati. Jangan hanya mikirin hasil, bisnis itu bicara proses.
Saya banyak mengenal banyak pebisnis online yang dulu eksis dan sekarang meredup.
Saya yakin anda tak mau kan seperti itu. Makanya, mulai sekarang nikmati proses.
Mikirin hasil itu boleh aja, tapi jangan sampai menjadi mindset.
Karena hasil merupakan dampak dari proses.
Nikmati prosesnya, dapatkan hasilnya!
*MINDSET #2: Tak Ada Bisnis yang Tanpa Modal*
Mungkin anda pernah browsing di google tentang "bisnis tanpa modal".
Hayooo ngaku 😅😂 Soalnya saya dulu juga pernah. Haha
Dan uniknya, ternyata di Google banyak banget orang yang share cara berbisnis tanpa modal.
Pertanyaannya, Apakah itu benar?
TIDAK, Semua bisnis butuh modal.
Sekecil apapun bisnis yang ingin anda tekuni, pasti ada modal yang anda butuhkan.
Biasanya nih. Kalau anda cari di google, bisnis tanpa modal berarti anda bisa berbisnis dropship.
Dimana anda tak perlu memiliki produk dan tak perlu mengurus packing, anda cukup promosi saja, semua suplier yang urus.
Hey STOP.
Anda promo produk dropship itu minimal pakai HP. Kalau gak ada Hp, terus?
HP itu modal anda.
Tak ada bisnis di dunia ini yang benar-benar tanpa modal.
Mungkin anda sekarang kerjasama untuk membangun bisnis, anda mencari investor agar anda tak perlu keluar uang sepeserpun.
Bisa? Ya bisa.
Tapi catat! Anda cari investor, berarti anda mencari modal.
Catat!, Anda cari investor = anda cari modal.
Dan anda harus mengembalikan uang dari investor itu beserta pembagian profitnya.
Sekali lagi, Tak ada bisnis di dunia ini yang tanpa modal.
Semoga menginspirasi..

Sumber : Mba Iis Rintisan startup Community

Monday, October 29, 2018

Apa itu Bitcoin..??

mashable.com

Bitcoin adalah aset digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.

Bitcoin sebagai aset digital memiliki fitur sebagai berikut:

Transfer instant secara peer to peer.
Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.

Transfer ke mana saja
Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.

Biaya transfer sangat kecil.
Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah bitcoin yang dikirimkan.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;

Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.
Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

Friday, October 26, 2018

Friday, October 5, 2018

Sunday, July 22, 2018

Di Salah Pahami Itu Menyakitkan

Ketika kamu pertama kali bertemu dengan seseorang maka yang akan terlihat adalah tampak luarnya saja, tidak dengan isi hatinya atau baik buruknya. 

Pernah gak ada orang yang salah paham dengan cara pandangnya terhadap diri kita... Nah kali ini gua mau nulis tentang sesuatu hal yang pernah beberapa kali gua alami. Jadi saat itu lagi musim buah mangga, nah kebetulan buah mangga yang dari pohon dihalaman ada yang menjuntai ke rumah tetangga. Kebetulan karena rumah terkunci akhirnya gua duduk santai di teras rumah dengan maksud buat nungguin orang rumah pulang, saat itu tetangga yang liat gua lagi duduk ngomong ke gua "A, itu buah mangga yang digenteng rumah saya pada mateng ambil A, sayang takut busuk..!". Mendengar itu dalem hati mungkin si Abang ini mau buah mangga, akhirnya gua nyeletuk "Bang, kalo abang mau ambil aja..!!". Mungkin si abangnya tersinggung dengan perkataan gua sahut-sahut terdengar suara istrinya dari dalam rumah ngomong "ya ngapain juga abang ngomong gitu, padahal antepin aja..!!".Padahal gua cuma perhatian tapi salah..

Terus jaman SMP dulu gua pernah ikut les dan ketemulah gua dengan seorang gadis yang imut menurut gua, jujur gua tertarik sama cewek itu. Masalahnya Gua seorang Introvert ( kalo gak tau google sendiri ya). Nah ceritanya gua 2 hari sakit dan gak bisa masuk, pas masuk cewek itu nanya "Haiii (dengan wajah imutnya) kemana aja nih kok kemarin gak masuk..??" Dalam hati gua mau ngomong sakit, tapi karena gua introvert-nya parah banget waktu itu gua gak bisa jawab alias diam mematung. Dan saat itu merupakan Sapaan dia yang pertama dan terakhir..!! 😔 Mungkin dalam hatinya "Lu, sombong amet sih...!!

Sebenernya masih banyak lagi kejadian seperti itu dan penyebabnya karena gua seorang Introvert, dan bukan karena gua sombong, ya kalopun mau sombong emang apa sih yang bisa gua sombongin..??

Jadi intinya jangan cepat menilai seseorang karena mungkin ada alasannya orang tersebut ngelakuin hal itu..
Karena disalah pahami itu menyakitkan..!! Apalagi disalah pahami sama kamu..!!

Thursday, July 19, 2018

Masalah saat pertama kali membeli Smartwach Amazfit Pace


Jadi ceritanya pas gua pertama kali membeli Smartwach ini agak kesulitan untuk pairing Bloutooth ke HP Vivo V9, akhirnya setelah cari tau sana sini problemnya adalah si amazfit pace ini memang kesulitan untuk pairing Bloutooth ke HP dengan Android versi 8.0.

Solusinya adalah kalian harus pairing terlebih dahulu dengan Hp bersistem operasi Android versi 7 ke bawah, setelah itu lakukan update pada firmware si amazfit pace dengan klik pemberitahuan update pada Handphone.

Setelah itu lakukan factory reset dari smartwachnya untuk menghubungkan jam tangan dengan Hp bersistem operasi Android versi 8.0

Review Gadget Yang Sering Gua Gunakan


Hari ini gua akan sedikit mereview gadget yang sering gua gunakan sehari-hari..
1. Ada Laptop ASUS X550IU dengan Spesifikasi lumayan mumpui untuk menjalankan game call of duty 4.
Rencana sih mau UP RAM jadi 16 Giga cuma belum kesampean..

2. Untuk displaynya gua tambah dengan LED Monitor 19" dari Samsung dengan tipe SF 350 gua beli dengan harga 900ribu lebih dikit.
3. Untuk Handphone gua pake VIVO V9 versi RAM 4GB hasil tuker tambah dengan Samsung J7 Prime. Si Vivo ini paling bandel dari segi daya tahan Batry yang bisa dipake seharian dan kalo malam hari baru dicharge lagi.
4. Handphone lainnya ada ASUS Padfone Mini,ini sudah jarang dipake dan kalo mau dijual susahnya minta ampun akhirnya gugulutukan dikamar hehehe..
5. Gua juga pake smartwatch dari Amazfit Pace dan Microwear X2.
6. Untuk Speaker ada Mini Speaker Bass Portable cukup untuk membuat berisik dalam kamar kecil.

Monday, April 9, 2018

Tertipu Oleh Diri Sendiri



Oleh : Jaya Setiabudi

Belasan tahun yang lalu, saat saya masih duduk di bangku kuliah di Surabaya, saya sempat mengikuti pengajian rutin, yang dikelola oleh sebuah pondok pesantren ternama di Jawa Timur. Bukan keilmuan agama yang akan saya bicarakan disini. Tapi ada suatu pelajaran yang sangat berharga bagi saya tentang ‘kesombongan’! Seperti kebanyakan orang yang baru keluar dari ‘sekolah’ dengan segudang idealisme, perilaku sayapun berubah drastis. Setiap melihat suatu kejadian yang tidak ‘agamis’, spontan saya ‘nyebut’ kalimat Allah. Ada seorang (wanita) primadona kampus, sebut saja Susi (bukan nama sebenarnya). Saat itu, ia sedang berpakaian seronok dan bercengkerama mesra dengan pacarnya, yang tentu saja bukan muhrimnya. Begitu saya melihat kejadian itu, langsung keluar dari mulut saya ”masya Allah (kata yang sering diucap saat melihat sesuatu yang buruk)...!” Lepas dari kesalahkaprahan saya menggunakan kata itu (harusnya untuk suatu kekaguman), dalam hati kecil saya, terbesit anggapan bahwa ”Dia itu MAKSIAT, sedangkan saya lebih baik dari dia”.

Suatu saat...

...Susi datang bersama kawan-kawan yang lain (yang berjilbab), untuk belajar dengan saya guna menghadapi ujian semester yang segera datang. Baru kali itu Susi datang belajar ke tempat saya. Seperti biasa, pakaian Susi tergolong ketat, membuat saya istighfar terus, (kembali lagi) sambil mencemooh dirinya di hati saya. Pertemuan hari pertamapun selesai. Mereka berjanji akan melanjutkan belajar dengan saya di rumah kos saya esok harinya. Bak Fahri (dalam Ayat-ayat Cinta), Jayapun jadi idola wanita saat itu, narsis euy! Keesokan harinya, tak disangka, Susi datang ke tempat kos saya mendahului kawan-kawan lainnya. Setelah sejenak terdiam karena canggung, Susi berkata,”Jay, sebenarnya dari dulu aku pengin belajar sama kamu, tapi...!” Karena penasaran, saya tanya,”Tapi kenapa?” Dengan wajah tertunduk malu dan suara lirih ia menjawab,”Aku malu ketemu sama kamu! Aku merasa diriku ini ’kotor’, sedangkan kamu itu ’bersih’ dan alim”.

”Astaghfirullah Al’Adziim”, saya nyebut dalam hati dengan muka saya yang memerah, air mata yang hampir menetes. Sejenak saya berfikir,”Seandainya saat itu Allah mencabut nyawa kita berdua, mungkin sayalah yang pantas masuk neraka dan dia yang pantas masuk surga!” Koq bisa begitu? Ya, karena dibalik ’baju alim’ saya, terdapat ’kotoran hati kesombongan’. Sebaliknya, Susi yang merasa dirinya ’kotor’ tidak memiliki pikiran kotor terhadap orang lain. Jadi menurut saya, Susilah yang lebih ’suci’ dari saya.

Bukankah semua agama mengakui bahwa iblis, yang hampir sepanjang hidupnya taat, tidak dapat masuk surga karena ’kesombongannya’, karena merasa dirinya lebih unggul dari makhluk Tuhan lainnya? Sementara Nabi Adam, meskipun berbuat dosa, diijinkan masuk ke surga karena kerendahan hatinya? Guru saya pernah memperingatkan untuk berhati-hati terhadap suatu penyakit, yang disebut ’Tertipu oleh diri sendiri’. Penyakit ini justru akan muncul saat kita bertambah ilmu dan bertambah amal. Tapi ilmu dan amal itulah yang membuat kita terjerumus. Semoga kita terhindar dari hal yang demikian!

”Daripada sibuk melihat aib orang lain, sibuklah melihat aib sendiri!”


Friday, February 9, 2018

Benarkah Bhineka Tunggal Ika mulai luntur..???


Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya adalah “Berbeda-beda tetapi tetap satu”. "Kutipan Wikipedia"
Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara majemuk dengan artian masyarakatnya terdiri dari 5 agama yang diakui, beragam suku, bahasa, dan kebudayaan yang disatukan dengan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.

Tapi benarkah bhineka tunggal ika mulai runtuh..?? Jawabannya... Tidak.. Kenapa tidak..?? Saya di Kantor dengan orang yang beragam ada orang bali, batak, jawa, sunda dan kita semua akur-akur aja tuh..

Terus fenomena yang saling hujat sana sini di media sosial, apa bukan karena lunturnya bhineka tunggal ika...??

Karena Saya beragama Islam maka saya akan bahas dari sudut pandang saya sebagai muslim. 

Menurut hemat saya, itu bukan karena lunturnya Bhineka Tunggal Ika, tapi lebih dikarenakan oleh orang-orang yang so tahu. Maksudnya adalah orang yang bukan muslim tapi obrolannya ngebahas kitab orang muslim, atau orang muslim yang gak pernah ibadah ( gak pernah ngaji, gak pernah sholat atau sholatnya bolong-bolong sok tau dengan ngomongin agamanya sendiri akhirnya menyinggung orang muslim yang baik agamanya, yang paham akan agamanya (Siapa coba yang gak akan tersinggung..?? ).

Adapun kalo misal orang muslim diharuskan memilih pemimpin yang seiman, itu bukan berarti mereka tidak bhineka tapi karena memang ada aturan dari kitab suci Al-Qur'an kalo meraka harus memilih pemimpin dari golongan mereka sendiri. Tapi ketika ada orang yang ngatain mereka gak Bhineka gara-gara cuma harus memilih pemimpin sesama muslim, maka cek lagi deh mungkin orang itu yang gak Bhineka karena sudah melarang orang muslim untuk mengikuti perintah Tuhannya..Tuh contohnya di Papua sana pemimpinnya non muslim gak masalah kok karena memang mayoritas non muslim.

Adalagi yang ngomong pemimpin muslim di Indonesia banyak yang korupsi, ya liat dong di Amerika atau dinegara manasaja yang bukan mayoritas muslim yang korupsi bukan orang muslim karena muslim disana minoritas..Dimana saja selalu ada yang namanya oknum....!!!

Intinya, Tugas kita sebagai umat yang beragama adalah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Bukan mencampuri urusan agama orang lain. Bhineka Tunggal Ika bukan bararti kita ikut-ikutan merayakan umat agama lain tapi lebih ke menghormati keberadaannya tanpa perlu kita ikut-ikutan..

Friday, January 12, 2018

Pengalaman pertama kali kerja

Sedikit cerita aja tentang pengalaman pertama kali kerja. Pas pertama kali kerja status saya masih sebagai Mahasiswa Teknik Informatika yang sedang cuti kuliah dikarenakan proposal TA saya ditolak oleh Dosen Penguji. 

Singkat cerita karena kerjaan gak jelas cuma ngelamun di rumah kemudian jaga toko dan terus berulang seperti itu dikarenakan cuti kuliah. Tiba-tiba bapak saya nawarin lowongan pekerjaan diperusahaan kontraktor Waskita Karya (Perusahaan BUMN) sebagai staff teknik. Jujur saya gak paham dengan kerjaan orang teknik sipil.

Singkat cerita untuk kedua kalinya, Akhirnya saya mutusin untuk nerima pekerjaan itu dengan menggunakan IJAZAH SMK.

Cuman ketika awal bekerja rasanya gak nyaman banget ya,  saya bekerja ngisi data yang saya sendiri banyak gak ngerti dengan istilahnya orang civil, karena agak telmi akhirnya saya banyak nanya beberapa kali sama atasan ("pak maaf tadi untuk yang dokumen ini harus digimanain ya..??) sampe kepikiran pengen berhenti aja.


Tapi, ya akhirnya saya bertahan juga kerja sampe sekarang karena memang butuh yang namanya duit..

OH YA, KERJAAN GUA DISANA LEBIH MIRIP KE ANAK DKV (HUBUNGANNYA DENGAN DESIGN, EDITING VIDEO,DLL,,) KALO KERJANYA DI PUSAT SIH KATANYA LEBIH BERHUBUNGAN DENGAN ERP..

Oh ya, suatu saat saya mau berhenti kerja karena pengennya jadi pengusaha cuma belum kesampean. Mungkin kalian ada yang mau ngajakin dan ngajarin caranya jadi pengusaha silahkan kasih tau saya hehehe.