Wednesday, April 29, 2015

Kenapa aku tidak pernah bilang cinta sama kamu


Cinta adalah anugerah yang diberikan Allah kepada semua makhluk yang bernafas…

Karena cinta, orang yang tidak bisa menulis puisi berubah menjadi puitis…

Dengan cinta, seorang Penjahat bisa menjadi ayah yang penyayang kepada anaknya…

Cinta adalah proses memanusiakan manusia…

Cinta adalah pengukur dewasanya manusia, karena ketika orang sudah merasakan cinta maka orang itu sudah bisa dianggap telah baligh..

Ketika cinta datang maka akan terbayang selalu wajahnya, selalu ingin tau kabarnya…

Karena dia, lidah kita kelu ketika berhadapan.

Karena dia, kita selalu salah tingkah dihadapannya.

Karena dia, kita ingin selalu menjadi pahlawan dengan selalu mengulurkan bantuan…

Tapi meskipun cinta itu adalah Anugerah, tidak sepatutnya kita bebas mengungkapkan…

Islam tidak menyuruh kita mengekspresikan cinta dengan pacaran, tapi dengan pernikahan…

Islam memandang cinta itu agung dan suci, karena itu Allah swt membuat aturan untuk cinta.

Bila Cinta, datangilah walinya kemudian menikah…

Bila belum siap, persiapkanlah diri dulu dalam diam…

Persiapan diri bukan hanya memperkaya harta tapi juga memperkaya ilmu kita dengan ilmu agama…

Islam sangat menghormati, menghargai, dan menjungjung tinggi kehormatan perempuan maka dengan itu pacaran dilarang…

Pacaran hanya akan merugikan pihak perempuan, karena dengan pacaran akan menjurus ke perbuatan maksiat..

Karena Perempuan akan dilihat dari masa lalunya, tapi laki-laki akan dilihat dari masa depannya…

Mungkin akan banyak alasan ketika orang membaca tulisan ini, tapi ketahuilah ini adalah aturan Allah maka kita tidak bisa menangkalnya meski punya 1000 alasan.

Tuesday, April 28, 2015

Jenis Usaha Menurut Bidangnya


Jenis-jenis usaha menurut bidangnya :

  1. Jasa : Usaha ini bergerak dibidang penyediaan jasa yang dibutuhkan untuk pemenuhan kebutuhan orang lain. Contohnya : Jasa Desain, Jasa Kecantikan, Jasa Pendidikan.dll
  2. Usaha Kuliner : Usaha yang bergerak dibidang makana dan minuman. Contohnya : Usaha Kue Basah, Restoran, Penjual Jus,dll
  3. Usaha Perdagangan Baarang ; usaha ini bergerak dibidang produksi dan penjualan barang. Contohnya : Usaha Perdagangan produk primer seperti orang yang berjualan sembako,perdagangan produk sekunder seperti orang yang berjualan baju,sepatu, kaos,dll

Monday, April 27, 2015

Tingkatan atau Level Usaha


Tingkatan usaha dibagi atas 4 tingkatan, tingkatan itu dilihat dari berdasarkan modal yang dibutuhkan. yaitu : usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, hingga usaha besar.

Kriterianya adalah :
  1. Usaha Mikro : usaha ini membutuhkan modal dibawah 50juta, jadi setiap usaha dengan modal dibawah Rp 50 juta termasuk dalam usaha mikro.
  2. Usaha Kecil : Usaha ini membutuhkan modal diatas Rp 50 juta dan dibawah Rp 200 juta.
  3. Usaha Menengah : Usaha ini membutuhkan modal di atas Rp 200 juta dan di bawah Rp 500 juta.
  4. Usaha Besar : Usaha yang modalnya diatas Rp 500 juta.

Sunday, April 26, 2015

Kenapa kita belajar ilmu ekonomi


Ok. kali ini kita akan sedikit membahas tentang ilmu ekonomi, dalam mempelajari ilmu ekonomi kita tidak diwajibkan untuk menghapal tapi lebih menekankan ke pola pikir kita. karena memang ilmu ekonomi adalah ilmu yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari..

Asal mulanya ada ilmu ekonomi adalah karena manusia itu selalu memiliki kebutuhan yang banyak, mulai dari keinginan punya rumah, mobil baru, handphone baru, baju baru dll. Dan kalo kita bayangkan populasi manusia itu ada sekitar 6 miliar orang dan terus bertambah. Tapi bahan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri terbatas, sehingga dengan keterbatasan itu terjadilah keinginan atau kebutuhan, Nah dari keinginan dan kebutuhan yang banyak tersebut ternyata supply untuk memenuhi kebutuhan tersebut terbatas maka terjadilah kelangkaan (Scarcity).

Kemudian dari kelangkaan itu lahirlah masalah. Masalahnya yaitu :
  1. Apa yang harus diproduksi..??
  2. Bagaimana cara produksinya..??
  3. Untuk siapa barang itu diproduksi..??
  4. dan siapa yang memproduksi..??
4 poin diatas merupakan masalah utama yang menyebabkan adanya ilmu ekonomi..Kenapa itu jadi masalah utama..?? itu dikarenakan kelangkaan tadi hingga semua sumber daya (resources) yang ada perlu kita buat skala prioritas, apa dulu yang mesti diproduksi..??bagaimana caranya...??Untuk siapa barang itu diproduksi..?? dan siapa yang bisa memproduksi..??inilah yang menjadi masalah dasar kenapa kita perlu belajar ilmu ekonomi..

Friday, April 17, 2015

Kenapa Anak Muda Berwirausaha


Yang Muda Yang Berwirausaha

Sebenarnya banyak alasan kenapa saya mengajak muda-mudi untuk menjadi seorang pengusaha, alasannya yaitu :

  1. Anak muda merupakan sebuah asset berharga bagi bangsanya, kenapa..?? karena anak muda adalah orang yang cukup banyak ingin taunya dan juga orang yang akan melakukan perubahan terhadap kemajuan bangsanya.
  2.  Jadi pengusaha itu terhindar dari tekanan, tekanan apa..?? tekanan dari dimarahinya Bos.. Jadi kalo temen-temen gak suka dimarahi orang lain mending jadi pengusaha aja deh..
  3. Dan yang pasti setelah melakukan penyelidikan saya pun tau, bahwa nenek moyang kita juga seorang pedagang, itu didapat dari sebuah lagu anak-anak “Nenek moyangku seorang pelaut”, seorang pelaut dan bukan nelayan, mereka berlayar dari satu samudera ke samudera lainnya untuk berdagang.

  4. Itu tiga alasan kenapa kita harus jadi pengusaha dan sebenernya masih banyak lagi alasan, bahkan ada pepatah yang mengatakan “lebih baik kecil jadi bos, daripada gede jadi kuli. Kuli kerja maka kuli dapat makan, kuli gak kerja maka kuli gak dapat makan!! Beda kalau jadi bos, nggak kerja pun dapat makan. Pepatah diatas saya dapatkan dari buku “The Power Of Kepepet…”

    Seorang manusia dibatasi dengan waktu

    Manusia itu punya keterbatasan waktu, kita diberi waktu oleh Allah hanya sebanyak 24 jam sehari, itupun belum dikurangi tidur siang dan tidur dimalam hari, seandainya kita tidur siang 2 jam kemudian tidur dimalam hari 8 jam maka sisa waktu produktif kita tinggal 14 jam dalam sehari.  

    Kebayang kalo temen-temen jadi karyawan temen-temen kerja 24 jam pun hanya akan dapat gaji yang tetap gak ada kenaikan kecuali ditambah lembur dan tunjangan lainnya. 

    Tapi pengusaha mampu bekerja dan produktif selama 1000 jam/perhari nah loh..?? kenapa bisa seperti itu, coba bayangkan dan pikirkan seandainya temen-temen punya satu toko dan toko itu buka dari jam 7pagi – jam 17.00 maka temen-temen sudah bekerja secara produktif selama 10 jam bayangkan kembali kalo temen-temen punya 2 toko maka 2*10=20jam bayangkan kembali kalo punya 3 toko atau lebih tinggal dikali 10 maka bisa dapet 1000 jam..

    Thursday, April 16, 2015

    Lirik Lagu Muhammad Sebagai Pedagang Karangan Ippho Santosa


    Saya mau share sebuah lirik lagu yang menurut saya memang sangat mampu memotivasi kita, khususnya yang mau mendalami dunia usaha atau bisnis. Lagunya saya dapatkan ketika membeli buku karangan Ippho Santosa yang berjudul "7 Keajaiban Rezeki".

    Berikut lirik lagunya :
    Judulnya : Muhammad Sebagai Pedagang


    Muhammad sebagai pedagang
    Janji selalu Ia pegang
    Melayani dengan tenang
    Pantaslah pembeli senang

    Muhammad sebagai pedagang
    Ber-ingkar adalah pantang
    Ungkap dengan terus terang
    Mudahlah rezeki datang

    Muhammad sebagi pedagang
    Menipu adalah terlarang
    Sempurna ketika menimbang
    Menakar tak pernah kurang

    Muhammad sebagai pedagang
    Tiada yang Ia samarkan
    Al Amin gelar terpandang
    Buah dari kejujuran

    He sells with a true honesty
    He serves with a true sincerity
    People call him Mr. Trusty
    No one question his dignity

    Kalo Nabi kita aja pedagang, kenapa kita gak ikutin...
    Kalo mau lagunya googling aja ya..!!

    Tuesday, April 14, 2015

    Membaca adalah kunci mendapatkan ilmu

    Seperti yang terkandung dalam surat Al-Alaq 1-5 :


    [1589]  Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.
    Yah, baca atau membaca adalah awal atau cara sederhana kita mendapatkan sebuah ilmu, Kita tak akan pernah bisa mengubah dunia tanpa ilmu.. , dan poin pentingnya adalah “Mencari Ilmu memang pahit, tapi akan manis pada akhirnya”. 
    Terakhir saya berdo’a kepada Allah…

    Ya Allah…
    Buatlah diri hamba senang dalam belajar menuntut ilmu,,,
    Ya Allah…
    Buatlah hamba tak pernah bosan dalam menuntut ilmu…
    Ya Allah…
    Buatlah hamba menjadi bijak dengan ilmu yang hamba miliki…
    Ya Allah…
    Buatlah diri hamba menjadi cerdas dengan ilmu yang hamba miliki..
    Ya Allah…
    Buatlah hamba rendah hati dengan ilmu yang hamba miliki..
    Ya Allah…
    Hamba mohon kepada Mu, Tolong lihat, dengar, dan kabulkanlah do’a ku ini…

    Aamiin…

    Sinar Jakarta Putra Toko Elektronik di Garut



    "-- PROMOSI NAMA --"
    1.“Sinar Jakarta Putra” merupakan Toko Elektronik yang berdiri pada bulan Juli 2012 yang terletak di Jln Raya Limbangan No 50 Garut .
    2.Warna merah memiliki arti bahwa Sinar “Jakarta Putra” selalu berani dan optimis dengan prospek yang bagus dalam menjalankan roda usahanya..
    3.Ada bentuk seperti sabit dibawah tulisan SJP “itu menandakan bahwa Sinar Jakarta Putra ditopang olehorang-orang yang solid dan berjiwa wirausaha sehingga bisa berdiri dengan kokoh..
    4.Tulisan SJP sendiri merupakan singkatan dari “Sinar Jakarta Putra”…
    5.Di logo paling atas ada sebuah gambar seperti kobaran api itu menandakan bahwa Sinar Jakarta Putra adalah sebuah perusahaan yang memiliki sebuah semangat yang membara untuk berdiri tetap berdiri kokoh dan akan terus mengembangkan usahanya..
    6.Untuk nama “Sinar Jakarta Putra”, itu diambil dari nama “Sinar Jakarta” perusahaan meubel atau toko furniture yang memang awal berdirinya di Jakarta..

    Created by “Arry Akbar Ripa'i"


    3 Tipe Rezeki


    Dalam setiap pengajian kita selalu mendengar bahwa yang namanya Rezeki itu sudah ditentukan oleh Allah, perkataan itu memang tidak salah tapi akan salah arti kalo cara penyampaiannya yang salah karena bisa menciptakan banyak pengangguran sekaligus memberikan mental malas bekerja bagi banyak orang.

    Contohnya : Buat apa sih kerja, kan rezeki udah Allah yang tentuin. Ada Orang Kaya, ya itu karena udah ditentuin rezekinya dan kalo kita miskin ya itu juga karena udah ditentuin oleh Allah.

    Alhamdulillah pikiran saya tercerahkan setelah membaca buku karya Muhammad Assad, bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah itu ada tiga tipe, so jadi langsung aja kita bahas sedikit mengenai tiga tipe rezeki ini.

    Tiga Tipe Rezeki

    * Rezeki Yang Di Jamin


    6.  Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). QS Hud ayat 6

    [709]  yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
    [710]  menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat. dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.

    Nah tipe rezeki ini yang membuat pengangguran masih bisa makan. Terbukti bahwa Allah baik terhadap semua makhluknya.

    * Rezeki Yang Di Janjikan


    Ini adalah tipe rezeki yang kedua, yaitu semakin banyak kita bersedekah maka akan semakin banyak rezeki yang mengalir ke kita, minimal 10 kali lipat.

    160.  Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat Maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).Al-An'am ayat 6

    Bahkan di surat lain, Allah berjanji membalas sedekah hamba-Nya sebanyak 700 kali lipat !.
    261.  Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Al-Baqarah ayat 261

    [166]  pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

    * Rezeki Yang Di Gantungkan

    Ini merupakan tipe rezeki yang setiap manusia harus menjemputnya. Menjemput berbeda dengan mencari. Karena menjemput sudah pasti ada, sedangkan mencari belum tentu ada.
    Contoh mudahnya : Allah memberikan rezeki kepada singa setiap hari. Namun Dia tidak serta merta melemparkan daging rusa ke kandang singa. Singa itu harus berusaha keluar kandang dan mencari mangsa untuk mengisi perutnya. Kalau singa mau berusaha, masa manusia tidak mau.

    Nah menurut saya tipe rezeki yang ke tiga ini merupakan hal yang bisa membedakan apakah kita kaya atau tidak, karena di tipe yang ke tiga ini, kita dituntut untuk berusaha dengan keras dalam menjemput rezeki ini dan yang saya tau tidak semua orang mau berusaha dengan keras untuk mendapatkan rezeki yang satu ini. Apalagi kalo ditambah dengan amalan penjemput rezeki seperti sedekah dan sholat Dhuha pasti tambah mantap.

    NB. Kalo mau tuntas beli aja buku Notes From Qatar 3 ya..!!