Sunday, February 10, 2019

4 Typical Orang


Orang S => Sensing (otak kiri bagian bawah) adalah orang yang suka kepastian (yang pasti-pasti aja). Bahkan mereka lebih cenderung suka menggunakan otot daripada otak, mereka merasa lebih baik cape fisik ketimbang pikiran.

Orang T => Thinking (otak kiri atas) sifatnya memori mereka lebih suka sesuatu yang argumentatif. Berbeda dengan sensing orang thinking penyuka berfikir maka ketika mereka memiliki masalah mereka lebih suka mencari solusi dengan logika ketimbang fisik.

Orang I => Intuiting sifatnya visioner, mereka lebih menyukai sesuatu yang WAH. Mereka suka berimajinasi, berfantasi. Mereka pandai berkata-kata indah.

Orang F => Feeling sifatnya perasa, mereka menyukai hal-hal yang menginspirasi. punya sifat iba, suka menyenangkan orang lain, mendahulukan orang lain padahal diri sendiri juga punya kebutuhan tersebut.

Monday, January 28, 2019

Asal Muasal Hewan Ternak, Buah, Sayuran Yang Kita Kenal Sekarang

Jadi awalnya gua membaca sebuah buku karya Carl Sagan dengan judul "Cosmos (Kosmos)" Pada BAB II "Satu Suara Dalam Fugu Kosmik" nah disini diceritakan tentang evolusi makhluk hidup. Buku ini udah kaya Novel tapi penuh dengan Ilmu Pengetahuan.

Ok Gua kutip aja bagian dari BAB II-nya..

Tahun 1185, Jepang dipimpin oleh seorang Kaisar yang masih anak-anak bernama Antoku. Dia adalah seorang Kaisar jepang berketurunan Klan Samurai Heike yang telah lama berperang dengan klan samurai lainnya. Namun masing-masing klan saling mengaku bahwa mereka adalah keturunan Kaisar dan berhak atas takhta kekaisaran. Maka terjadilah pertempuran penentuan di laut yang berlangsung di Danno-uro kaisarpun ikut berada dalam salah satu armada kapal. Dikarenakan kalah jumlah dan strategi maka klan heike pun mengalami kekalahan banyak prajurit yang tewas, sedang yang masih hidup-pun beramai-ramai terjun ke laut. Nyonya Nii (Taira no Tokoko) yang merupakan nenek sang kaisar berusaha agar supaya dirinya dan sang kaisar tidak tertangkap.

Sang kaisar kala itu berusia tujuh tahun tapi tampak jauh lebih tua. Dengan wajah heran sang kaisar bertanya pada Nyonya Nii kemana dia akan membawanya. Nyonya Nii menatap sang penguasa muda dan mencoba menenangkannya kemudian berkata bahwa istananya berada didalam lautan maka tenggelamlah sang kaisar muda bersama neneknya.

Maka seluruh armada Heike hancur, dan hanya menyisakan 43 perempuan yang selamat. Dayang-dayang itu dipaksa menjual bunga dan dirinya pada nelayan sekitar.

Nah dari kisah itu maka setiap tahunnya para dayang yang selamat membuat festival untuk mengenang para samurai heike, kemudian para nelayan disana beranggapan bahwa para samurai Heike masih mengembara didasar laut dalam wujud kepiting, Ada jenis kepiting yang memiliki pola wajah samurai dipunggungnya sehinnga setiap kali mereka menangkap kepiting yang ada wajah samurai maka mereka lepaskan.


Apa yang dilakukan para Nelayan telah membantu evolusi pada kepiting Heike intinya adalah Setiap Kepiting sama halnya dengan manusia memiliki garis keturunan sehingga ketika kepiting Heike  yang tertangkap sering dilepas maka kepiting itu akan bertambah banyak dengan berkembang biak dan memberikan pola yang sama dipunggungnya yang awalnya mungkin kepiting jenis ini hanya kebetulan memiliki pola itu. Sedangkan kepiting yang bukan jenis Heike atau tidak ada pola samurai dipunggungnya akan berjumlah sedikit karena dimakan manusia.

Dari bayi kita sudah dikelilingi oleh tanah perkebunan, hewan ternak, buah, sayuran, dll pernahkah anda berpikir dari mana itu berasal..? Apakah mereka pernah hidup di alam bebas lalu berhasil beradaptasi dengan kehidupan di pertanian yang tak seberat di alam bebas..??

Kenyataannya berbeda, sebagian besar mereka dibuat oleh kita. Sepuluh ribu tahun lalu, tidak ada sapi perah atau anjing pemburu, atau biji jagung berukuran besar. Nenek moyang binatang dan tumbuhan kadang-kadang merupakan makhluk hidup yang sangat berbeda tampangnya tapi kita mengendalikan perkembangbiakannya. Kita memastikan varietas tertentu yang sifatnya kita anggap bagus dan bereproduksi. Mengembangkan kelenjar susu hewan adalah hasil dari minat manusia terhadap susu dan keju, jagung telah dibiakkan selama sepuluh ribu generasi supaya menjadi enak dan begizi. 

Sepertihalnya domba garut awalnya tidak ada namun menjadi ada dikarenakan penghobi domba mengawinkan silang domba lokal priangan dengan domba merino asal Spanyol dan domba kappstad asal Afrika sehingga domba Garut memiliki postur tubuh tegap dan tanduk kokoh.

Sekian dulu mungkin nanti akan berlanjut mengulik isi buku karya Carl Sagan ini...

Friday, January 18, 2019

Tentang Kamu

Kamu itu ibarat PUISI, hanya ada puji, rayu, dan resah
Marahpun aku tak sanggup, hanya pujian yang terlintas dipikiranku...
Kamu selalu terlihat indah, saking indahnya selalu terpikir rayuan untuk menggoda mu...
Resah ketika kamu terlihat mulai menjauh...

Orang selalu memarahi akan kekurangan mu, tapi aku tidak
Orang marah karena selalu saja ada bahan obrolan yang keluar dari mulutmu tapi aku tidak, malah karena cerewetmu hati dinginku terasa HANGAT...

Bersambung... 

Wednesday, November 14, 2018

Aplikasi Kasir Sederhana AstriOkta Gratis


Aplikasi kasir ini dibuat sangat sederhana untuk mempermudah pekerjaan jual beli anda, bisa untuk data stok barang, membuat kwitansi penjualan dll..

Untuk versi gratisnya hanya menyediakan fitur :
1. Data Stok barang
2. Data Pelanggan
3. Data Penjualan sekaligus membuat kwitansi penjualan.
Data Supplier masukkan sembarang.

Untuk Full Versionnya menyediakan keseluruhan fitur :
1. Data Stok barang
2. Data Pelanggan
3. Data Penjualan sekaligus membuat kwitansi penjualan.
4. Bisa mengulangi mencetak kwitanis
5. Laporan penjualan harian maupun bulanan.
6. Membuat Surat Jalan
7. Data Supplier atau distributor
8. Pembelian Stok Barang
9. Stasus Pelunasan jika barang dari pihak supplier belum anda lunasi
minusnya tanpa barcode..

Berminat yang FULL VERSION Harga Rp 300.000 Email saya di : arar2lip@gmail.com

Tested di OS Windows 7 dan 10.
Sudah dicoba di Retail Elektronik...

Video diatas versi yang belum diperbaharui tapi cara penggunaan tidak berbeda jauh.

Untuk download silahkan klik link DOWNLOAD

Wednesday, November 7, 2018

Mindset Bisnis


*MINDSET #1. Bisnis itu Bicara Proses, Bukan Hasil*
Saya pengen membahas 1 mindset yaitu PROSES.
Banyak sekali pebisnis yang mati dijalan karena mereka tak tau esensi dr sebuah bisnis.
Mereka mengira bahwa tujuan utama dari bisnis adalah hasil.
Apa itu salah?
Tidak. Hasil dalam sebuah bisnis itu tidak salah, malah kalau punya bisnis tapi tak menghasilkan itu yg salah 😂
Tapi jangan sampai hasil itu anda jadikan sebagai bagian dari mindset.
Kenapa?
Karena kalau mindset anda hanya mengarah ke hasil, maka anda akan cepat mati.
Maksudnya, anda akan cepat bosan, males kerja, males berinovasi, dll. Sehingga bisnis anda akan cepat mati.
Ini semua karena hasil merupakan dampak dari proses.
Nah, dampak itu sendiri bisa dirasakan hanya dalam waktu lama.
Yes, kalau anda menunggu sesuatu yg lama maka anda akan cepat jenuh. Gak semangat.
Lalu gimana mindset yg tepat?
PROSES. Tanamkan mindset bahwa bisnis itu bicara tentang proses.
Kalau mindset anda sudah mengatakan bahwa bisnis itu bicara proses, maka anda akan tekun dalam berproses
CATAT!
Berproses itu membuat orang lain jenuh, boring, males. Makanya, orang yang berani berproses itu dikit.
Pertanyaannya, maukan anda menjadi bagian dari sedikit orang ini?
Nikmati proses itu, maka hasil akan cepat anda raih.
Contoh, sekarang anda ingin menjadi juragan krim kecantikan.
Maka anda harus menikmati proses pembuatan krim, mencari reseller, mencari suplier, dll.
Nikmati. Jangan hanya mikirin hasil, bisnis itu bicara proses.
Saya banyak mengenal banyak pebisnis online yang dulu eksis dan sekarang meredup.
Saya yakin anda tak mau kan seperti itu. Makanya, mulai sekarang nikmati proses.
Mikirin hasil itu boleh aja, tapi jangan sampai menjadi mindset.
Karena hasil merupakan dampak dari proses.
Nikmati prosesnya, dapatkan hasilnya!
*MINDSET #2: Tak Ada Bisnis yang Tanpa Modal*
Mungkin anda pernah browsing di google tentang "bisnis tanpa modal".
Hayooo ngaku 😅😂 Soalnya saya dulu juga pernah. Haha
Dan uniknya, ternyata di Google banyak banget orang yang share cara berbisnis tanpa modal.
Pertanyaannya, Apakah itu benar?
TIDAK, Semua bisnis butuh modal.
Sekecil apapun bisnis yang ingin anda tekuni, pasti ada modal yang anda butuhkan.
Biasanya nih. Kalau anda cari di google, bisnis tanpa modal berarti anda bisa berbisnis dropship.
Dimana anda tak perlu memiliki produk dan tak perlu mengurus packing, anda cukup promosi saja, semua suplier yang urus.
Hey STOP.
Anda promo produk dropship itu minimal pakai HP. Kalau gak ada Hp, terus?
HP itu modal anda.
Tak ada bisnis di dunia ini yang benar-benar tanpa modal.
Mungkin anda sekarang kerjasama untuk membangun bisnis, anda mencari investor agar anda tak perlu keluar uang sepeserpun.
Bisa? Ya bisa.
Tapi catat! Anda cari investor, berarti anda mencari modal.
Catat!, Anda cari investor = anda cari modal.
Dan anda harus mengembalikan uang dari investor itu beserta pembagian profitnya.
Sekali lagi, Tak ada bisnis di dunia ini yang tanpa modal.
Semoga menginspirasi..

Sumber : Mba Iis Rintisan startup Community

Monday, October 29, 2018

Apa itu Bitcoin..??

mashable.com

Bitcoin adalah aset digital yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Aset digital ini seperti halnya emas, namun hanya tersedia di dunia digital. Konsepnya mungkin terdengar seperti eGold, walaupun sebenarnya jauh berbeda.

Bitcoin sebagai aset digital memiliki fitur sebagai berikut:

Transfer instant secara peer to peer.
Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.

Transfer ke mana saja
Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet.

Biaya transfer sangat kecil.
Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah bitcoin yang dikirimkan.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;

Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous.
Semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo Bitcoin yang dimiliki seseorang bisa kita lihat, namun kita tidak tahu siapa pemilik alamat Bitcoin tersebut bila si pemilik tidak memberitahukannya. Setiap pengguna Bitcoin sebenarnya bisa memilih apakah namanya ingin dimunculkan atau tidak, namun meskipun si pengguna ingin merahasiakan identitasnya, semua transaksinya tetap tercatat dan dapat dipantau oleh publik.

Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

Friday, October 26, 2018