Wednesday, July 17, 2019

Kunci Jawaban Bab 3 Soal Kuantitatif No 1 dan 2 Makroekonomi Sadono Sukirno



Soal Kuantitatif 1
Berdasar ekonomi klasik
a.      Berapakah pendapatan nasional pada keadaan i,ii,iii?
Jawab
Y=C+I dimana I=S
i=11 T
ii= 8,64 T
ii= 7,49 T
b.      Berapakah konsumsi rumah tangga pada keadaan i,ii,iii?
Jawab
C=a + MPC.Y
i=122,24 T
ii= 98,64 T
iii= 87,14 T
Soal Kuantitatif 2
Produksi Nasional (Kolom 1) Pengeluaran Agregat (Kolom 2), ditunjukkan dalam tabel (angka dalam Triliun)
a.      Apakah yg akan terjadi bila pengusaha menproduksi 400T Rupiah..?
Jawab : Q < C
b.      Apakah yg akan terjadi bila Pengusaha memproduksi 1.200 T Rupiah?
Jawab : Q > C
c.      Berapakah pendapatan Nasional negara tersebut? Mengapa berpendapat seperti itu ?
Jawab : Y = Q, karena pada produksi Q 400, maka Y = 400 T, Jika produksi 1200, maka Y =1200, karena produksi nasional ditentukan oleh dua faktor saja yaitu penghasilan rumah tangga dan supply barang Q
d.      Lukiskan keadaan keseimbangan pendapatan nasional negara tersebut
Jawab :
Y=Q ; Y = C + S ; Q>C

Jawaban soal No 1 Kuantitatif Makroekonomi BAB 1 Sadono Sukirno



 a)     Apakah PNB-sebenarnya dan PNB-potensial
Jawab : Pendapatan Nasional Potensial adalah tingkat pendapatan nasional yang akan dicapai apabila tenaga kerja dalam perekonomian sepenuhnya digunakan, yaitu pendapatan nasional yang akan dicapai pada kesempatan kerja penuh.
Sedangkan Pendapatan Nasional sebenarnya adalah pendapatan nasional yang sebenarnya diwujudkan oleh kegiatan-kegiatan ekonomi pada masa tersebut. Biasanya pendapatan nasional kurang dari pendapatan nasional potensial
b)     (i) Apakah Jurang PNB?
Jawab Perbedaan antara pendapatan nasional potensial dengan pendapatan nasional sebenarnya.
(ii) Hitung jurang PNB perekonomian itu pada tahun 1998 hingga 2001
Tahun 1998 = PNB Potensial 160 – PNB Sebenarnya 148 à 12
Tahun 1999 = PNB Potensial 175 – PNB Sebenarnya 160 à 15
Tahun 2000 = PNB Potensial 180 – PNB Sebenarnya 180 à 0
Tahun 2001 = PNB Potensial 198 – PNB Sebenarnya 182 à 16
c)      (i) Pada Tahun berapakah keadaan ekonomi paling buruk? Mengapa?
Jawab : Pada Tahun 2001 karena PNB Sebenarnya yang dicapai pada Tahun itu sekitar 182 sedangkan PNB Potensial yang bisa dicapai pada tahun itu sekitar 198 sehingga menyebabkan jurang PNB sekitar 16, maka semakin besar jurang PNB otomatis pengangguran beserta masyarakat yang tidak bisa menikmati kemakmuran potensial yang dapat dicapainyapun besar.
(ii) Pada tahun berapakah perekonomian mencapai tingkat kesempatan kerja penuh? Mengapa?
Jawab : Pada Tahun 2000 dimana Tingkat Pendapatan Nasional Potensial digunakan sepenuhnya atau tidak adanya jurang PNB.

Tuesday, July 16, 2019

Tuesday, March 19, 2019

Ini suara bacaan Al-Qur'an Imam Masjidil Haram

Jadi Alhamdulillah tanggal 05 Maret 2019 kemarin saya bisa melaksanakan ibadah umrah, dan saran bagi kalian yang ingin melaksanakan umrah tanya dulu rutenya ke Mekkah dulu atau Madinah dulu..!! Dan usahakan untuk rute-nya itu ke Mekkah dulu maksudnya kan kalo orang datang itu pastilah sedang semangat-semangatnya maka akan lebih baik untuk beribadah dulu di Mekkah seperti ibadah Tawaf dan Sai. Abis itu baru deh ke Madinah buat belanja oleh-oleh..

Langsung saja ini merupakan rekaman video saat sholat Isya di Masjidil Haram...

Semoga bagi kalian yang ingin melaksanakan Umrah atau Hajinya lebih semangat lagi buat menabung, jangan lupa perbanyak istighfar sebelum berangkat, ketika cape, bosan dalam perjalanan ikhlaskan untuk beribadah jangan ngedumel biar gak ada kejadian yang aneh-aneh..

Sunday, February 10, 2019

4 Typical Orang


Orang S => Sensing (otak kiri bagian bawah) adalah orang yang suka kepastian (yang pasti-pasti aja). Bahkan mereka lebih cenderung suka menggunakan otot daripada otak, mereka merasa lebih baik cape fisik ketimbang pikiran.

Orang T => Thinking (otak kiri atas) sifatnya memori mereka lebih suka sesuatu yang argumentatif. Berbeda dengan sensing orang thinking penyuka berfikir maka ketika mereka memiliki masalah mereka lebih suka mencari solusi dengan logika ketimbang fisik.

Orang I => Intuiting sifatnya visioner, mereka lebih menyukai sesuatu yang WAH. Mereka suka berimajinasi, berfantasi. Mereka pandai berkata-kata indah.

Orang F => Feeling sifatnya perasa, mereka menyukai hal-hal yang menginspirasi. punya sifat iba, suka menyenangkan orang lain, mendahulukan orang lain padahal diri sendiri juga punya kebutuhan tersebut.

Monday, January 28, 2019

Asal Muasal Hewan Ternak, Buah, Sayuran Yang Kita Kenal Sekarang

Jadi awalnya gua membaca sebuah buku karya Carl Sagan dengan judul "Cosmos (Kosmos)" Pada BAB II "Satu Suara Dalam Fugu Kosmik" nah disini diceritakan tentang evolusi makhluk hidup. Buku ini udah kaya Novel tapi penuh dengan Ilmu Pengetahuan.

Ok Gua kutip aja bagian dari BAB II-nya..

Tahun 1185, Jepang dipimpin oleh seorang Kaisar yang masih anak-anak bernama Antoku. Dia adalah seorang Kaisar jepang berketurunan Klan Samurai Heike yang telah lama berperang dengan klan samurai lainnya. Namun masing-masing klan saling mengaku bahwa mereka adalah keturunan Kaisar dan berhak atas takhta kekaisaran. Maka terjadilah pertempuran penentuan di laut yang berlangsung di Danno-uro kaisarpun ikut berada dalam salah satu armada kapal. Dikarenakan kalah jumlah dan strategi maka klan heike pun mengalami kekalahan banyak prajurit yang tewas, sedang yang masih hidup-pun beramai-ramai terjun ke laut. Nyonya Nii (Taira no Tokoko) yang merupakan nenek sang kaisar berusaha agar supaya dirinya dan sang kaisar tidak tertangkap.

Sang kaisar kala itu berusia tujuh tahun tapi tampak jauh lebih tua. Dengan wajah heran sang kaisar bertanya pada Nyonya Nii kemana dia akan membawanya. Nyonya Nii menatap sang penguasa muda dan mencoba menenangkannya kemudian berkata bahwa istananya berada didalam lautan maka tenggelamlah sang kaisar muda bersama neneknya.

Maka seluruh armada Heike hancur, dan hanya menyisakan 43 perempuan yang selamat. Dayang-dayang itu dipaksa menjual bunga dan dirinya pada nelayan sekitar.

Nah dari kisah itu maka setiap tahunnya para dayang yang selamat membuat festival untuk mengenang para samurai heike, kemudian para nelayan disana beranggapan bahwa para samurai Heike masih mengembara didasar laut dalam wujud kepiting, Ada jenis kepiting yang memiliki pola wajah samurai dipunggungnya sehinnga setiap kali mereka menangkap kepiting yang ada wajah samurai maka mereka lepaskan.


Apa yang dilakukan para Nelayan telah membantu evolusi pada kepiting Heike intinya adalah Setiap Kepiting sama halnya dengan manusia memiliki garis keturunan sehingga ketika kepiting Heike  yang tertangkap sering dilepas maka kepiting itu akan bertambah banyak dengan berkembang biak dan memberikan pola yang sama dipunggungnya yang awalnya mungkin kepiting jenis ini hanya kebetulan memiliki pola itu. Sedangkan kepiting yang bukan jenis Heike atau tidak ada pola samurai dipunggungnya akan berjumlah sedikit karena dimakan manusia.

Dari bayi kita sudah dikelilingi oleh tanah perkebunan, hewan ternak, buah, sayuran, dll pernahkah anda berpikir dari mana itu berasal..? Apakah mereka pernah hidup di alam bebas lalu berhasil beradaptasi dengan kehidupan di pertanian yang tak seberat di alam bebas..??

Kenyataannya berbeda, sebagian besar mereka dibuat oleh kita. Sepuluh ribu tahun lalu, tidak ada sapi perah atau anjing pemburu, atau biji jagung berukuran besar. Nenek moyang binatang dan tumbuhan kadang-kadang merupakan makhluk hidup yang sangat berbeda tampangnya tapi kita mengendalikan perkembangbiakannya. Kita memastikan varietas tertentu yang sifatnya kita anggap bagus dan bereproduksi. Mengembangkan kelenjar susu hewan adalah hasil dari minat manusia terhadap susu dan keju, jagung telah dibiakkan selama sepuluh ribu generasi supaya menjadi enak dan begizi. 

Sepertihalnya domba garut awalnya tidak ada namun menjadi ada dikarenakan penghobi domba mengawinkan silang domba lokal priangan dengan domba merino asal Spanyol dan domba kappstad asal Afrika sehingga domba Garut memiliki postur tubuh tegap dan tanduk kokoh.

Sekian dulu mungkin nanti akan berlanjut mengulik isi buku karya Carl Sagan ini...

Friday, January 18, 2019

Tentang Kamu

Kamu itu ibarat PUISI, hanya ada puji, rayu, dan resah
Marahpun aku tak sanggup, hanya pujian yang terlintas dipikiranku...
Kamu selalu terlihat indah, saking indahnya selalu terpikir rayuan untuk menggoda mu...
Resah ketika kamu terlihat mulai menjauh...

Orang selalu memarahi akan kekurangan mu, tapi aku tidak
Orang marah karena selalu saja ada bahan obrolan yang keluar dari mulutmu tapi aku tidak, malah karena cerewetmu hati dinginku terasa HANGAT...

Bersambung...