Thursday, May 18, 2017

Kenapa Uang Gak Dibikin banyak aja..??


Ada anak SMA bikin status tentang tugasnya, "Kenapa sih mata uang baru tidak langsung disebar banyak. Jujur aja dulu ketika gua masih bocah, jaman ketika pengennya beli banyak mainan sempet nanya "Kenapa sih duit gak dibikin banyak aja, biar semua orang punya duit, biar semua orang bisa beli apa aja yang dia pengen...??"

Sebelum gua jawab, gua mau ngelantur dulu ke jaman dahulu kala...Jamannya Mansa Musa..

Mansa Musa merupakan keturunan dari Sunjata, pendiri kerajaan Mali. Selama 25 tahun, Mansa memimpin kerajaan dan membawa masa kejayaan Mali.Mansa Musa merupakan keturunan dari Sunjata, pendiri kerajaan Mali. Selama 25 tahun, Mansa memimpin kerajaan dan membawa masa kejayaan Mali.

Sosok Mansa digambarkan sebagai seorang raja yang saleh dan sangat dihormati di seluruh Afrika. Sang raja kaya raya tersebut sangat antusias dalam mempelajari Alquran. Ia seorang yang tegas dan enggan bersujud pada penguasa lain. Ia hanya mau bersujud dihadapan Allah.Pada 1324 Masehi, Mansa melakukan perjalanan haji ke Makkah. 

Berangkat dari Afrika, sang raja membutuhkan waktu lebih dari setahun hingga tiba di Tanah Suci. Di sepanjang perjalanannya, Mansa melakukan banyak hal, termasuk berdagang. Ia pun beberapa kali singgah di kota dagang untuk memenuhi bekalnya hingga tiba di Makkah. Lalu, peristiwa besar terjadi ketika singgah di Mesir. Rombongan Mansa disambut baik oleh Sultan Mesir.

Ia mengizinkan istananya untuk melayani Mansa yang kemudian menetap di Kairo selama tiga buan. Atas kebaikan hati sultan, Mansa memberinya hadiah 50 ribu dinar dan ribuan batang emas. Para pedagang Mesir pun berinteraksi dagang dengan rombongan Mansa. Akibat emas Mansa yang beredar di Mesir, nilai emas di negeri Piramida tersebut turun hingga 25 persen.
Cerita Mansa Musa Gua kutif dari khazanah Republika.

Ok, jawabanya adalah supaya tidak terjadi inflasi, duit dibikin banyak terus dibagiin kebanyak orang gak serta merta bikin orang bisa hidup sejahtera, malah sebaliknya duit yang lu dan gua punya gak akan berharga lagi dan gak akan ada nilainya. Bayangin aja semua orang tiba-tiba jadi banyak duitnya maka duit gak akan jadi barang langka dan gak akan punya nilai. Akibatnya, harga barang-barang melangit, daya beli masyarakat menurun, dan sektor ekonomi rill jadi terhambat.

Inflasi menurut Wikipedia

Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga. Artinya, tingkat harga yang dianggap tinggi belum tentu menunjukan inflasi. Inflasi adalah indikator untuk melihat tingkat perubahan, dan dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus dan saling pengaruh-memengaruhi. Istilah inflasi juga digunakan untuk mengartikan peningkatan persediaan uang yang kadangkala dilihat sebagai penyebab meningkatnya harga.

0 komentar:

Post a Comment