Sunday, April 26, 2015

Kenapa kita belajar ilmu ekonomi


Ok. kali ini kita akan sedikit membahas tentang ilmu ekonomi, dalam mempelajari ilmu ekonomi kita tidak diwajibkan untuk menghapal tapi lebih menekankan ke pola pikir kita. karena memang ilmu ekonomi adalah ilmu yang selalu ada dalam kehidupan sehari-hari..

Asal mulanya ada ilmu ekonomi adalah karena manusia itu selalu memiliki kebutuhan yang banyak, mulai dari keinginan punya rumah, mobil baru, handphone baru, baju baru dll. Dan kalo kita bayangkan populasi manusia itu ada sekitar 6 miliar orang dan terus bertambah. Tapi bahan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri terbatas, sehingga dengan keterbatasan itu terjadilah keinginan atau kebutuhan, Nah dari keinginan dan kebutuhan yang banyak tersebut ternyata supply untuk memenuhi kebutuhan tersebut terbatas maka terjadilah kelangkaan (Scarcity).

Kemudian dari kelangkaan itu lahirlah masalah. Masalahnya yaitu :
  1. Apa yang harus diproduksi..??
  2. Bagaimana cara produksinya..??
  3. Untuk siapa barang itu diproduksi..??
  4. dan siapa yang memproduksi..??
4 poin diatas merupakan masalah utama yang menyebabkan adanya ilmu ekonomi..Kenapa itu jadi masalah utama..?? itu dikarenakan kelangkaan tadi hingga semua sumber daya (resources) yang ada perlu kita buat skala prioritas, apa dulu yang mesti diproduksi..??bagaimana caranya...??Untuk siapa barang itu diproduksi..?? dan siapa yang bisa memproduksi..??inilah yang menjadi masalah dasar kenapa kita perlu belajar ilmu ekonomi..

0 komentar:

Post a Comment