Tuesday, April 14, 2015

3 Tipe Rezeki


Dalam setiap pengajian kita selalu mendengar bahwa yang namanya Rezeki itu sudah ditentukan oleh Allah, perkataan itu memang tidak salah tapi akan salah arti kalo cara penyampaiannya yang salah karena bisa menciptakan banyak pengangguran sekaligus memberikan mental malas bekerja bagi banyak orang.

Contohnya : Buat apa sih kerja, kan rezeki udah Allah yang tentuin. Ada Orang Kaya, ya itu karena udah ditentuin rezekinya dan kalo kita miskin ya itu juga karena udah ditentuin oleh Allah.

Alhamdulillah pikiran saya tercerahkan setelah membaca buku karya Muhammad Assad, bahwa rezeki yang diberikan oleh Allah itu ada tiga tipe, so jadi langsung aja kita bahas sedikit mengenai tiga tipe rezeki ini.

Tiga Tipe Rezeki

* Rezeki Yang Di Jamin


6.  Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). QS Hud ayat 6

[709]  yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
[710]  menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat. dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim.

Nah tipe rezeki ini yang membuat pengangguran masih bisa makan. Terbukti bahwa Allah baik terhadap semua makhluknya.

* Rezeki Yang Di Janjikan


Ini adalah tipe rezeki yang kedua, yaitu semakin banyak kita bersedekah maka akan semakin banyak rezeki yang mengalir ke kita, minimal 10 kali lipat.

160.  Barangsiapa membawa amal yang baik, Maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat Maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).Al-An'am ayat 6

Bahkan di surat lain, Allah berjanji membalas sedekah hamba-Nya sebanyak 700 kali lipat !.
261.  Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah[166] adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. Al-Baqarah ayat 261

[166]  pengertian menafkahkan harta di jalan Allah meliputi belanja untuk kepentingan jihad, pembangunan perguruan, rumah sakit, usaha penyelidikan ilmiah dan lain-lain.

* Rezeki Yang Di Gantungkan

Ini merupakan tipe rezeki yang setiap manusia harus menjemputnya. Menjemput berbeda dengan mencari. Karena menjemput sudah pasti ada, sedangkan mencari belum tentu ada.
Contoh mudahnya : Allah memberikan rezeki kepada singa setiap hari. Namun Dia tidak serta merta melemparkan daging rusa ke kandang singa. Singa itu harus berusaha keluar kandang dan mencari mangsa untuk mengisi perutnya. Kalau singa mau berusaha, masa manusia tidak mau.

Nah menurut saya tipe rezeki yang ke tiga ini merupakan hal yang bisa membedakan apakah kita kaya atau tidak, karena di tipe yang ke tiga ini, kita dituntut untuk berusaha dengan keras dalam menjemput rezeki ini dan yang saya tau tidak semua orang mau berusaha dengan keras untuk mendapatkan rezeki yang satu ini. Apalagi kalo ditambah dengan amalan penjemput rezeki seperti sedekah dan sholat Dhuha pasti tambah mantap.

NB. Kalo mau tuntas beli aja buku Notes From Qatar 3 ya..!!


0 komentar:

Post a Comment